60 Kuburan Zaman Romawi Kuno Ditemukan di Gaza

Otoritas di Gaza pada hari Minggu mengumumkan penemuan lebih dari 60 makam di situs pemakaman kuno yang berasal dari era Romawi.

Para pekerja telah menggali situs tersebut sejak ditemukan Januari lalu selama persiapan proyek perumahan yang didanai Mesir.

Hiyam al-Bitar, seorang peneliti dari Kementerian Purbakala dan Pariwisata yang dikelola Hamas, mengatakan total 63 kuburan telah diidentifikasi dan satu set tulang dan artefak dari satu makam berasal dari abad kedua.

Dia mengatakan kementerian sedang bekerja dengan tim ahli Prancis untuk mempelajari lebih lanjut tentang situs tersebut. Pada hari Minggu, para pekerja menyaring tanah dan membuang tumpukan kotoran dengan gerobak dorong.

Meskipun pemakaman kuno sekarang diblokir dari publik, konstruksi proyek perumahan terus berlanjut dan situs tersebut dikelilingi oleh gedung apartemen. Media lokal melaporkan penjarahan ketika situs itu pertama kali ditemukan, dengan orang-orang menggunakan gerobak yang ditarik keledai untuk mengangkut barang-barang seperti peti mati tertutup dan batu bata bertulisan.

Gaza, daerah kantong pesisir yang dihuni lebih dari 2 juta orang, dikenal dengan kekayaan sejarahnya yang berasal dari lokasinya di jalur perdagangan kuno antara Mesir dan Levant. Tapi pendudukan Israel, blokade, konflik dan pertumbuhan kota yang cepat di wilayah yang padat dan sempit adalah salah satu alasan sebagian besar harta arkeologi Gaza belum dilindungi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *