Anggota Knesset Israel Serbu Al-Aqsha di Bawah Perlindungan IOF

Seorang anggota parlemen pendudukan sayap kanan Israel menyerbu Masjid Al-Aqsa di Kota Al-Quds (Jerusalem) yang diduduki pada Kamis pagi (3/03) di bawah perlindungan polisi penjajah, sumber-sumber lokal melaporkan.

Itamar Ben-Gvir, anggota parlemen Knesset Israel, melakukan kunjungan hanya beberapa hari sebelum bulan suci Ramadhan, ditambah lagi dengan situasi kota yang sedang panas setelah teror-teror dari pemukim ilegal Israel kepada warga Palestina, dan operasi tel Aviv.

Ben-Gvir, adalah anggota Knesset yang terkenal dengan filosofi radikal. Ia pernah menyebut Islamic Waqf, sebuah lembaga sosial kemasyarakatan Palestina yang berfungsi memelihara masjid, sebagai “teroris”.

Tur Al-Aqsha ini bukan kejadian pertama. Pada Kamis pagi, sekelompok pemukim ilegal memasuki Masjid al-Aqsa, mengambil bagian dalam “tur provokatif” di halamannya, menurut Waqf. Meskipun ada upaya untuk meredakan ketegangan, pawai pemukim Israel di al-Aqsa direncanakan untuk Ramadhan, yang bertepatan dengan hari libur Yahudi.

Selama perang Timur Tengah 1967, Israel menduduki Yerusalem dan mencaploknya pada 1980, sebuah langkah yang tidak pernah diakui oleh komunitas internasional.

Aktivis Israel secara teratur berkampanye untuk menghadirkan lebih banyak lagi umat Yahudi masjid suci umat islam itu, dan beberapa bahkan menganjurkan penghancuran Masjid al-Aqsa untuk memberi ruang bagi Kuil-Ketiga.

Leave a Comment

Your email address will not be published.