Gengsi Mengakui Eksistensi Palestina

Kita sudah sering lihat, Google Maps keliru menulis Palestina sebagai Israel. Pertengahan Juli 2020, isu tersebut kembali ramai diperbincangkan, sampai artis dunia, Madonna, ikut posting “Put Palestine Back on the Map” di Instastory-nya. Gara-gara itu, pembicaraan makin ramai.

Google membantah tuduhan telah menghapus Palestina dari Maps-nya. Katanya sih, gak dihapus, tapi memang nama Palestina tak pernah dicantumkan sejak awal. Apapun dalihnya, Google memilih untuk tidak mencantumkan Palestina dalam Maps. Itu fakta.

Begitulah narasi utama Israel dan konconya, mengklaim tak pernah ada tempat yang disebut Palestina sebelum 1948. Hmm… jadi kalau sebelum 1948 ada peta dengan wilayah bertanda Palestina, yang bikin peta sakit? Atau mengada-ngada, gitu? Uwow~

Lucunya, iklan-iklan buatan Zionis sendirilah yang membuktikan sebaliknya!

1. For the Freedom of Palestine

https://www.palestineposterproject.org/poster/for-the-freedom-of-palestine
Mitchell Loeb. 1916. Diterbitkan oleh Zionist Organization of America (ZOA)

Coba perhatikan kalimat pertama dalam poster! Gak sekedar meletakkan kata Palestina, tapi sekalian “demi kemerdekaan Palestina”. Cie, sayang banget sama Palestina ya?

Coba perhatikan kalimat pertama dalam poster! Gak sekedar meletakkan kata Palestina, tapi sekalian “demi kemerdekaan Palestina”. Cie, sayang banget sama Palestina ya?

2. Come to Palestine

https://www.palestineposterproject.org/poster/come-to-palestine
Zeev Raban. 1929.Diterbitkan oleh Society for the Promotion of Travel in the Holy Land

Ini adalah poster iklan untuk mengunjungi Palestina. Poster ini menjadi salah satu propaganda yang menargetkan pemeluk Yahudi seluruh dunia agar tertarik berkunjung ke Kota Suci, Palestina (bukan Israel tuh tulisannya wk).

Kreatornya sendiri pindah ke Palestina pada 1912, saat terjadi gelombang imigrasi Yahudi.

3. Help Him Build Palestine

Tuh kan, lagi-lagi nulisnya “Palestina” mehehehehe. Iklan oini dibuat dalam rangka mengumpulkan donasi dari Yahudi sedunia untuk pembangunan di Palestina. Keren Hayesod (berdiri 1920) adalah organisasi amal untuk pendirian negara Israel dengan cabang di 45 negara di dunia.

4. Visit Palestine

https://www.palestineposterproject.org/poster/visit-palestine-tartakover-reprint
Franz Krausz. 1936. Tourist Development Association of Palestine

Gambar paling iconic! ‘Kunjungi Palestina” dalam iklan buatan Yahudi ini secara sadar menyatakan bahwa Palestina ada! Bertolak belakang dengan narasi yang mereka gaungkan sekarang. 

Sampai sekarang, gambar ini masih sering digunakan sebagai perlawanan satir kepada Israel, yang awalnya cuma ‘visit’ eeeh betah sampe gak mau pulang. Uluh~

…..dan masih banyak lagi. Tapi, 4 poster ini juga udah cukup buat ngetawain betapa hipokritnya Israel.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *