Israel Serbu dan Bantai Warga Nablus, 11 Gugur.

Tentara Zionis Israel yang menyerbu Kota Nablus, Tepi Barat mengakibatkan makin banyaknya korban berjatuhan. Israel menyerbu kota, menembaki warga, serta menyebarkan gas air mata.

Kementerian Kesehatan Palestina melaporkan sebanyak 11 warga meninggal dunia serta 102 orang luka-luka, Rabu (22/2). Enam orang dalam keadaan kritis. Korban termasuk kakek berusia 66 tahun yang menderita akibat gas air mata. Tiga jurnalis juga dilaporkan luka-luka.

Perlawanan terjadi sekitar pukul 10 pagi waktu Nablus. Laporan Al Jazeera, tentara Israel menembaki warga sipil tanpa pandang bulu.

Para pemuda melawan tertara dengan melempar batu atau barang apapun, membakar ban, serta memblokade jalan. Mereka juga melemparkan barang-barang ke arah mobil tentara.

Menteri Keamanan Nasional, Itamar Ben Gvir melalu akun twitter-nya memuji anggota IDF yang melakukan penyerangan Nablus. “Siapa pun yang melukai Israel, kami akan menangkapnya di mana pun dengan telak, tanpa kompromi.”

Menanggapi berjatuhnya korban dan penyerbuan di Nablus, warga Gaza, Ramlah, Al Khalil (Hebron), Hizman, dan Al Quds (Yerusalem) berkabung dengan menutup toko-toko mereka. Warga di Palestina 1948 dan Gaza juga melakukan aksi protes terhadap serangan Israel di Nablus.

Ribuan warga Nablus terlihat memadati jalanan kota sambil mengantar jenazah yang gugur. Sampai saat ini, sebanyak 61 orang Palestina gugur sejak Januari. Nablus menjadi tempat penyerbuan setelah Jenin sejak awal tahun ini.

Sumber: Qudsnen, Al Jazeera

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *