Lobi-lobi Israel meminta Spotify hapus Lowkey

Sebuah kelompok pro-Israel di Inggris menuntut Spotify menghapus Lowkey dari aplikasi penyedia layanan musik tersebut. Lowkey sendiri merupakan musik rapper yang aktif menyuarakan dan berkampanye solidaritas untuk Palestina.

“Kehadiran musik Lowkey sangat ofensif,” surat kabar anti-Palestina The Jewish News melaporkan dalam sebuah wawancara dengan pelobi Luke Akehurst pekan ini. Akehurst adalah direktur sebuah organisasi bernama We Believe in Israel. Surat kabar tersebut melaporkan bahwa grup Akehurst akan berkampanye menuntut Spotify untuk menghapus ‘puluhan contoh materi yang bermasalah, termasuk lagu Lowkey [2010] Long Live Palestine – Part 2. “Kami berharap ada tindakan yang bisa segera diambil,” tuntut Akehurst, yang juga menuding rapper itu sebagai penghasut.

Jika kampanye sensor ini berhasil, bukan tak mungkin lobi-lobi Israel akan mengejar pihak lain yang pro kepada palestina, bahkan mungkin podcaster yang dihosting di Spotify yang mengkritik Israel. We Believe in Israel, organisasi pro-Israel berbasis di Inggris, telah menyerukan petisi untuk menyingkirkan Lowkey dari spotify.

Ini bukan kali pertama Lowkey menerima ‘serangan’ dari pihak pro-Israel. Cambridge Palestine Society terpaksa menunda pembicaraan Lowkey setelah kampanye kotor oleh lobi Israel di kampus. Pekan ini, sebuah acara oleh Lowkey yang direncanakan untuk konferensi Persatuan Pelajar Nasional dibatalkan, setelah kampanye kotor lainnya oleh Persatuan Pelajar Yahudi – sebuah kelompok anti-Palestina yang didanai langsung oleh kedutaan Israel .

Tiga lagu Lowkey “Long Live Palestine” telah menjadi lagu kebangsaan gerakan solidaritas Palestina di Inggris. Video untuk part-3-nya saja telah ditonton lebih dari 1,1 juta kali di YouTube sejak dirilis pada 2019. Lowkey telah bekerja dengan beberapa nama besar di industri musik Inggris dan dihormati secara luas di kancah rap Inggris.

sumber: electronicintifada

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *