PBB: Israel membunuh Hampir 31 orang Palestina dalam 3 Minggu

Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) di Palestina pada Sabtu, 4 Februari 2023 menawarkan data suram dalam laporan dua mingguannya Perlindungan Warga Sipil yang mencakup periode antara 10 dan 30 Januari.

Menurut laporan itu, korban jiwa termasuk sebanyak 10 warga Palestina yang tewas dalam serangan 26 Januari oleh pasukan Israel di kota Jenin dan kamp pengungsi yang berdekatan di Tepi Barat utara.

Korban tewas, termasuk dua anak dan seorang wanita, adalah yang tertinggi yang disebabkan oleh satu operasi Israel sejak 2005 ketika OCHA mulai mencatat kerugian Palestina.

Secara keseluruhan, 441 warga Palestina, termasuk 49 anak-anak, terluka oleh pasukan Israel selama periode itu, laporan itu mencatat, menambahkan bahwa 74 (18 persen) dari mereka yang terluka menjadi sasaran tembakan langsung pasukan Israel.

Pemukim Israel juga melukai 18 warga Palestina, termasuk setidaknya satu anak, dalam sembilan insiden, dan merusak properti warga Palestina dalam 42 kejadian lainnya.

Selama periode yang sama, pasukan pendudukan Israel menghancurkan, dan memaksa pemiliknya untuk menghancurkan, atau menyita 88 bangunan milik Palestina di seluruh tanah yang diduduki Palestina.

Struktur, termasuk 21 rumah, menjadi sasaran dengan dalih kurangnya izin bangunan yang dikeluarkan Israel, yang hampir tidak mungkin diperoleh.

“Akibatnya, 99 warga Palestina, termasuk 54 anak-anak, mengungsi, dan mata pencaharian lebih dari 21.000 lainnya terpengaruh,” kata laporan itu.

Di antara struktur yang terkena dampak, 55 berlokasi di Tepi Barat yang diduduki, yang berada di bawah kendali penuh militer Israel, dan 26 berbasis di Yerusalem yang diduduki, termasuk delapan yang diruntuhkan oleh pemiliknya sendiri, sehingga mereka tidak perlu mendanai pembangunannya. penghancuran bangunan mereka oleh pasukan Israel.

Lebih dari tiga juta warga Palestina tinggal di Tepi Barat dan Yerusalem, yang telah diduduki oleh rezim Israel sejak 1967 ketika melancarkan perang yang didukung Barat melawan warga Palestina.

Sejak 1948, pendudukan Israel telah membangun ratusan pemukiman ilegal di Tepi Barat, yang telah menampung ratusan ribu pemukim ilegal Israel.

Menurut angka terbaru, populasi pemukim Israel di Tepi Barat yang diduduki telah melampaui setengah juta.

sumber: DOP

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *