Perjanjian Netanyahu-Smotrich Bisa Berakibat pada Pencaplokan Tepi Barat

Organisasi sayap kiri Israel Peace Now memperingatkan bahwa perjanjian Netanyahu-Smotrich akan mengarah pada legalisasi pendudukan Israel atas lusinan pos terdepan yang tidak sah yang dibangun dengan melanggar “hukum Israel” dan di atas tanah yang disita oleh pemukim kolonial Israel.

Organisasi tersebut mengatakan bahwa perjanjian tersebut akan meningkatkan secara signifikan pembangunan permukiman Israel dan perluasan pos terdepan yang akan memperkuat kontrol pemukim kolonial Israel atas wilayah tersebut. 

Di sisi lain, perjanjian tersebut akan berdampak negatif terhadap warga Palestina dengan meningkatkan penghancuran rumah dan penegakan hukum yang ketat terhadap mereka untuk mengurangi kontrol mereka atas wilayah tersebut.

Organisasi itu juga mengatakan bahwa menteri “Zionisme Agama” di kementerian pendudukan Israel akan memainkan peran sentral terkait dengan pengelolaan kehidupan warga Palestina dan pemukim Israel di Tepi Barat yang diduduki.

Menteri juga akan memiliki wewenang untuk menunjuk kepala Kantor Koordinasi Kegiatan Pemerintah di Wilayah Pendudukan Palestina, Administrasi Sipil, dan badan-badan yang bertanggung jawab atas kebijakan sipil pemerintah Israel di Tepi Barat yang diduduki.

Perjanjian tersebut menunjukkan bahwa menteri juga akan mengontrol komite perencanaan, yang bertanggung jawab untuk menyetujui pembangunan pemukim baru di Tepi Barat yang diduduki.

Perjanjian tersebut mencakup bahwa Koordinator Pemerintah di Wilayah Palestina akan melapor langsung ke politisi sayap kanan ultranasionalis dalam kementerian pendudukan Israel.

Memberi seorang menteri di Kementerian Pendudukan Israel otoritas penuh atas Administrasi Sipil dan Koordinator Pemerintah di Wilayah Pendudukan Palestina dapat mengacu pada langkah aneksasi besar-besaran di Tepi Barat yang diduduki.

sumber dop

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *