Pertemuan Abbas-Gantz Untuk Apa?

Pemimpin Palestina Mahmoud Abbas bertemu Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz di rumah Gantz pada Selasa 28 Desember 2021. Pertemuan berlangsung selama perjalanan langka Abbas ke Israel, dikabarkan pertemuan ini untuk melakukan pembicaraan tentang keamanan dan masalah sipil.

Gantz mengatakan melalui akun Twitter-nya bahwa mereka membahas “pentingnya menciptakan cakrawala politik yang mengarah pada solusi politik”. Gantz juga mengatakan kepada bahwa dia bermaksud untuk memperkuat kepercayaan di bidang ekonomi dan sipil, seperti yang disepakati selama pertemuan terakhir mereka, kata pernyataan Kementerian Pertahanan Israel seperti dikutip AFP, Rabu 29 Desember 2021.

Ini bukanlah pertemuan pertama, pada akhir Agustus, Gantz mengunjungi Abbas. Tetapi setelah pembicaraan itu, Perdana Menteri Israel Naftali Bennett mengatakan, bahwa tidak ada proses perdamaian yang sedang berlangsung dengan Palestina dan tidak akan ada satu pun.

Gerakan Perlawanan Islam, Hamas, mengecam pertemuan ini. Menurut Hazam Qassem memperdalam perpecahan politik Palestina, memperumit situasi Palestina, dan melemahkan posisi Palestina yang menolak normalisasi. Ia menulis dalam cuitannya “Pertemuan ini bertepatan dengan serangan pemukim terhadap orang-orang kami di Tepi Barat, menambah daftar kejahatan kepemimpinan PA (red: Otoritas Nasional Palestina)”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *