Suka Makan Kurma? Sudah Yakin Kurmamu Bukan dari Israel?

Mahkamah internasional menyatakan tanah yang dicaplok Israel ilegal. Di tanah penjajahan ini, ‘Israel’ membangun perumahan, pabrik dan perkebunan.

60% kurma Israel ditanam di perkebunan pemukiman ilegal di Lembah Jordan. Iya, Lembah Jordan yang diproyeksikan sebagai-calon-wilayah-baru-Israel dalam the Deal of the Century itu. Wilayah subur ini sudah sejak dulu dicaplok dan diincar Israel!

Israel adalah eksportir kurma terbesar ketiga dunia. Pada 2017 saja, nilai ekspor mereka tembus 181 juta dolar.

“Jadi, aku perlu berhati-hati pada kurma yang mana?”

https://www.healthline.com/nutrition/medjool-dates

Kurma yang perlu kita cermati lebih seksama adalah kurma Medjool, atau disebut juga dengan Medjol, Mehjo, Majhul. Pasti biasa mendengar kurma jenis ini kan? Kurma medjool memang mendunia (bahkan disebut Raja Kurma atau Berlian Kurma) karena dagingnya tebal, besar, bertekstur lembut.

Konon kabarnya ia adalah hasil rekayasa genetika yang dikembangkan oleh Israel.

Budidaya kurma Medjol banyak dilakukan di Maroko, Saudi Arabia, Amerika Serikat, Yordan, Palestina dan utara Afrika. Mengutip Detik, yang paling banyak dicari di Indonesia adalah Medjool asal Amerika (bukan Palestina dan Israel).

FYI, 75% kurma medjol yang beredar di dunia diproduksi Israel. Israel bahkan mengelabui dengan menempel label “Made in Palestine” untuk menghindari boikot. So, berhati-hatilah, ada kemungkinan kurma medjoolmu berasal dari tanah caplokan Israel.

Aljazeera pernah mewawancarai manager ekspor yang sengaja menulis “Palestine-Jericho” di label guna menghindari menulis “Israel” pada kemasan.

Hal ini karena di Inggris (salah satu target ekspor terbesar mereka), orang terkadang menolak membeli barang dari Israel.

Bagaimana jika ada label “dirawat oleh petani Palestina”? Faktanya, memang banyak orang Palestina bekerja di kebun kurma Israel (ah, diksi bekerja masih terlalu bagus, mungkin lebih tepat jika kita sebut ‘eksploitasi’). Mereka dibiarkan nangkring di atas pohon memetik kurma selama 8 jam tanpa istirahat sampai crane ‘menurunkan mereka dari pohon saat sore. Cari pekerjaan lain? Duh, sebanyak apa sih pilihan lapangan kerja bagi warga Palestina?

Bahkan orang Israel lebih suka mempekerjakan anak di bawah umur, sebab mereka lebih lincah, cenderung lebih penurut, dan upahnya lebih murah.

Berikut adalah beberapa merk kurma yang harus dihindari :

  1. Jordan River
  2. Mehadrin
  3. Jordon Plains
  4. King Solomon Plains
  5. Hadiklaim
  6. Jordan Valley
  7. Sainbury
  8. Waitrose
  9. Tesco
  10. Tesco x Hadiklaim
  11. Marks & Spencer

Tenang, meskipun boikot kurma medjool, masih ada alternatif kurma lainnya yang bisa kita beli kok. Ada kurma ajwa, sukkari, tunisia, dan banyak lagi lainnya.

Kalau ngidam kurma medjool, pilihlah dengan arif dan super selektif. Ada kok merk medjol asli Palestina seperti merk Zaytoun dan merk Yaffa.

Leave a Comment

Your email address will not be published.