Tatreez Palestina Masuk Daftar Warisan UNESCO

UNESCO telah menambahkan Tatreez, yakni bordir asli Palestina ke dalam daftar Warisan Budaya  Intangible Cultural Heritage of Humanity pada hari Rabu (15/12).

Perdana Menteri Otoritas Palestina (PA), Mohammad Shtayyeh berterima kasih kepada UNESCO atas keputusannya. “Langkah ini penting dan tepat waktu, untuk melindungi identitas, warisan, dan narasi Palestina kami, dalam menghadapi upaya pendudukan untuk mencuri apa yang bukan miliknya,” kata Shtayyeh, seperti dikutip dari Al Jazeera, Kamis (16/12/2021)

Sulaman tradisional Palestina adalah keterampilan yang dipelajari banyak wanita di Palestina saat masih anak-anak dan dipraktikkan hingga dewasa. Hal ini digunakan untuk menghias gaun tradisional yang dikenal sebagai Thobes (pakaian tradisional Palestina). Pola bordir biasanya dijahit silang pada thobes dan headpiece. Setiap desa Palestina memiliki jenis benang, warna, dan pola bordirnya sendiri.

Seperti dilaporkan Qudsnen, negara penjajah Israel telah mencoba untuk mempromosikan Tatreez sebagai bagian dari budaya mereka. Menteri Kebudayaan mengatakan menambahkan Tatreez ke dalam daftar Warisan Budaya Takbenda Kemanusiaan UNESCO adalah “kemenangan bagi narasi Palestina.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.