Toko-toko Buku di Israel Balas Boikot Sally Rooney

Nampaknya sentimen pemukim ilegal Israel terhadap Penulis Sally Rooney belum juga reda. Diberitakan Guardian, Jaringan buku Steimatzky dan Tzomet Sefarim telah menghapus karya penulis tersebut dari website mereka. Lebih lanjut, mereka mengancam akan menariknya juga dari toko fisik, paling lambat Kamis malam nanti (11/11). Dua brand tersebut merupakan distributor paling besar di Israel, telah memiliki lebih dari 200 cabang.

Berbeda sikap, Modan Publishing House yang menerjemahkan karya-karya sang novelis mengatakan tetap menjual buku-bukunya meski ada perbedaan sikap terhadap Israel. “Kami tidak mendukung boikot budaya, oleh karena itu kami akan terus menjual karya Sally Rooney seperti biasanya,” kata juru bicara Tali Thelet.

Bulan lalu, nama Sally Rooney mencuat dan menerima pujian dari pendukung Palestina di seluruh dunia setelah menolak menerjemahkan bukunya Beautiful World, Where Are You ke dalam bahasa Ibrani. Dalam sebuah pernyataan, dia menjelaskan bahwa meskipun dia senang telah menerjemahkan novel-novel sebelumnya ke dalam bahasa Ibrani, dia tidak akan menjual hak terjemahan ke penerbit yang berbasis di Israel untuk saat ini, untuk mendukung Boikot, Divestasi, Sanksi gerakan (BDS), sebuah kampanye yang bekerja untuk “mengakhiri dukungan internasional untuk penindasan Israel terhadap Palestina dan tekanan Israel untuk mematuhi hukum internasional”.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *