Walikota Barcelona Hentikan Kerjasama dengan Israel, Banjir Dukungan Figur Publik

Keputusan Walikota Barcelona, Ada Colau dalam menghentikan proyek kota kembar dengan Tel Aviv didukung oleh figur publik. Sebut saja aktor Mark Rufallo, aktris Susan Sarandon, dan Alia Shawkat, serta sutradara Viggo Mortensen menandatangani pernyataan yang mendukung tindakan Colau.

Sebelumnya, sebanyak 5000 warga Barcelona menandatangi petisi penghentian kerjasama dengan Israel. Colau pun menyambutnya dan mengumumkan akan menghentikan proyek kota kembar yang sudah berjalan selama 25 tahun.

“Sebagai walikota, saya menulis surat kepada PM Israel Benjamin Netanyahu untuk memberitahukan bahwa saya menangguhkan sementara hubungan kelembagaan antara Barcelona dan Tel Aviv,” kata Colau.

Colau beralasan, Israel melakukan pelanggaran terhadap hak asasi manusia yang mencolok dan sistematis. Ia mengatakan tidak bisa diam melihat perbuatan Israel.

Di tengah keberanian Walikota Barcelona, sebelumnya Anggota Parlemen Buruh Inggris, Kim Johnson mengatakan permintaan maaf setelah berani berani mengatakan Israel sebagai nagara apartheid dan fasis.

“Ketika dia meminta maaf, dalam pikiranku ialah sikap pengecut. Rasanya mengagetkan melihat politisi yang tadinya berbicara lantang, lalu menolak laporan yang berdasarkan fakta,” kata Rana Shubair, aktivis dan penulis dari Gaza.

Selain itu, Presiden tim sepakbola FC Barcelona, Joan Laporta justru mengumumkan dukungannya terhadap Israel. Bahkan ia mengundang perwakilan Kedutaan Israel untuk Spanyol dalam laga bola FC Barcelona melawan Manchester United.

Sumber: Qudsnen, Al Monitor

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *